Sabtu, 28 Mei 2011

ALIRAN SESAT DAN ALIRAN SESAAT

Sebelumnya saya menyinggung tentang aliran sesat karena dari jaman Rosul Muhammad S.A.W ,berbicara bahwa agama islam  terpecah menjadi 73 Golongan.

JUMLAH HADITS TENTANG TERPECAHNYA UMAT
Kalau kita kumpulkan hadits-hadits tentang terpecahnya umat menjadi 73 golongan dan satu golongan yang masuk surga, lebih kurang ada lima belas hadits yang diriwayatkan oleh lebih dari sepuluh ahli hadits dari 14 shahabat Rasulullah SAW, yaitu ; Abu Hurairah, Mu’awiyah, Abdullah bin ‘Amr bin Al-’Ash, Auf bin Malik, Abu Umamah, Ibnu Mas’ud, Jabir bin Abdillah, Sa’ad bin Abi Waqqash, Abu Darda’, Watsilah bin Al-Asqa’, Amr bin ‘Auf Al-Muzani, Ali bin Abi Thalib, Abu Musa Al-Asy’ariy, dan Anas bin Malik.
Sebagian dari hadit-hadits tersebut ialah :
Artinya :
“Dari Abu Hurairah ia berkata : “Telah bersabda Rasulullah SAW. Kaum Yahudi telah terpecah menjadi 71 golongan atau 72 golongan dan Kaum Nashrani telah terpecah menjadi 71 golongan atau 72 golongan dan ummatku akan terpecah menjadi 73 golongan”.
Keterangan :
Hadits ini diriwayatkan oleh :
  • Abu Dawud : Kitabus Sunnah, 1 bab Syarhus Sunnah 4 : 197-198 nomor hadits 4596. Dan hadits di atas adalah lafadz Abu Dawud.
  • Tirmidzi : Kitabul Iman, 18 bab Maa ja’a fi ‘Iftiraaqi Hadzihil Ummah, nomor 2778 dan ia berkata : Hadits ini HASAN SHAHIH. .
  • Ibnu Majah : 36 Kitabul Fitan, 17 bab Iftiraaqil Umam, nomor 3991.
  • Imam Ahmad dalam Musnadnya 2 : 332 tanpa menyebutkan kata Nashara.
  • Hakim dalam kitabnya : Al-Mustadrak : Kitabul Iman 1 : 6 dan ia berkata : Hadits ini banyak sanadnya dan berbicara masalah pokok-pokok agama.
  • Ibnu hibban dalam kitab Mawaariduzh-Zhan’aam: 31 Kitabul Fitan, 4 bab Iftiraaqil Umam, halaman 454 nomor 1834.
  • Abu Ya’la Al-Mushiliy dalam kitabnya Al-Musnad : Musnad Abu Hurairah.
  • Ibnu Abi ‘Ashim dalam kitab “As-Sunnah”, bab 19-bab Fima Akhbara Bihin Nabi Anna Ummatahu Sataf Tariqu juz I hal. 33 nomor 66.
  • Ibnu Baththah Fil Ibanatil Kubra : bab Dzikri Iftiraaqil Umma Fiidiiniha, Wa’alakam Tartaraqul Ummah . juz I hal. 228 nomor 252.
  • .Al-Aajurriy dalam kitabnya “Asy-Syari’ah” bab Dzikri Iftiraaqil Umam halaman 15.
Semua ahli hadits tersebut di atas meriwayatkan dari jalan Muhammad bin ‘Amr dari Abu Salamah dari Abu Hurarirah dari Nabi SAW.
dan dari 73 Golongan itu hanya satu Golongan saja yang benar yaitu yang mengikut tata cara Rosul dan para sahabat.
Kalau kita berbicara aliran sesat dan aliran sesaat sangat dan sangatlah mirip.Aliran sesat jelas menurut kata yang jelas itu ngga benar namun berbicara tentang aliran sesaat saya mengartikan bahwa aliran sesaat adalah aliran yang menuju perlakuan seseorang yang sesaat beriman,namun sesaat tidak.Pagi bhakti ,sore Durhaka.Malam taat besok maksiat.
Termasuk manakah kita???
Aliran yang mengikuti pedoman pada Tata cara Rosul Muhammad S.A.W dan Para sahabatnya? atau sebaiknya???

atau

Aliran Sesaat yaitu Perlakuan yang sesaat beriman namun.... sesaat tidak, ketika di saat Pagi berbhakti namun ...sorenya Durhaka, disaat malam taat namun..... besok maksiat???

Ampuni dosa kami Ya Rabb...

1 komentar:

  1. sangpenyampai028 Mei 2011 20.12

    kalau dipikir pikir betul juga ,hari ini sholat besok maksiat..betul juga itu namanya aliran sesaat.

    BalasHapus