Rabu, 02 Februari 2011

Twitter dan cara menggunakannya


Twitter adalah salah satu layanan social networking yang termasuk dalam kategori Microblogging. Atau ngeblog singkat dalam satu paragraf (maksimal 140 huruf) dalam satu posting. Jika di ibaratkan, kalau Facebook itu main bola, maka Twitter adalah main futsal. Kalau Blogging itu membuat rumah, maka Microblogging itu membuat kandang ayam.
Di Indonesia kita menyebutnya dengan Update Status. Berbeda dengan Facebook, Update Status di Twitter tidak bisa di komentari secara langsung. Namun pada perkembangannya Twitter sering diidentikkan dengan jejaring sosial (meski diragukan) yaitu dengan menambah banyak follower (pengikut).
Pada Oktober 2009, di sela-sela konferensi Web 2.0 di San Fransisco, salah satu pendiri Twitter, yaitu Evan Williams, menegaskan:
“Twitter bukanlah jaringan sosial. Jadi, oke saja untuk tidak menjadi pengikut (follower) seseorang yang menjadi pengikutmu. Jangan khawatir dicap angkuh,” kata Evan Williams seperti dikutip Telegraph. Ia lebih menekankan Twitter sebagai jaringan informasi yang memberikan kabar terkini dari semua orang dan membaginya ke seluruh dunia.
Menurutnya, Twitter sengaja dibuat agar pengguna tidak tahu kalau ada pengikut yang keluar. Sebab, hal tersebut bukan hal yang penting di Twitter. Setiap pengguna dibebaskan untuk bergabung dengan pengguna lain yang dirasa paling menarik atau membantunya. Karenanya, ia begitu benci saat ada aplikasi yang mencoba menampilkan hal tersebut.
“Ada aplikasi buatan pihak ketiga, bernama Qwitter, yang mengirimkan sebuah e-mail jika seseorang berhenti mengikuti Anda berikut identitasnya. Saya sangat membenci itu,” ujarnya.
Williams juga mengakui bahwa saat ini ia berupaya mengubah gayanya di Twitter agar tak terlalu sering mengirim informasi karena takut membosankan bagi 1.177.323 orang yang mengikutinya. “Aku dulu mengabarkan hal-hal yang sangat sepele sekalipun, seperti ’saya baru membeli soya latte‘ tapi sekarang aku mencoba dan membuatnya sedikit lebih menarik,” ujar Williams yang termasuk pelit dalam hal memberi komentar kepada pers karena biasanya yang banyak muncul adalah Biz Stone, pendiri lainny
Ternyata pendirinya menyatakan bahwa Twitter bukan situs jejaring sosial tapi lebih ke jejaring informasi untuk menyebarkan berita terkini keseluruh belahan dunia.
Bandingkan dengan Plurk.com, situs sejenis tapi disana bisa saling memberikan komentar atas update Status yang kita buat. Tapi saya pribadi tidak menggunakan Plurk. Cuma daftar, lalu 3-5 kali update status kemudian sudah bosan.
Di Plurk, saat kita meng update status, terdapat setting dimana kita bisa secara otomatis meng update status akun Twitter dan juga akun Facebook kita.
*Meskipun begitu, saya masih tetap belum terpengaruh untuk menggunakan Plurk secara continues*
Kembali ke Twitter,
Lahir pada tanggal 21 Januari 2000 di San Francisco, California. Tujuannya adalah untuk menyediakan layanan online (bukan chat) untuk teman-teman Anda, keluarga, kolega atau rekan kerja agar selalu terjalin komunikasi dan tetap terhubung meski dipisahkan oleh jarak.
Dengan menggunakan Twitter, anda bisa mengirimkan informasi singkat kepada teman-teman Anda yang mengikuti (Following) akun Twitter Anda. Tidak hanya berguna sebagai layanan pembangun komunitas, Twitter juga merupakan alat marketing yang efektif di era bisnis afiliasi di jaman yang berkembang dengan cepat ini. Dan sekarang sudah banyak perusahaan-perusahaan skala internasional yang sudah merambah ke layanan-layanan sejenis Twitter.
Setelah Facebook, di Indonesia sekarang sedang booming Twitter. Beberapa kali saya melihat berita di TV pasti mereka menyertakan alamat Twitter nya. Setelah sebelumnya juga mencamtumkan alamat Facebook.
Saya juga tidak tahu sebenarnya Twitter itu dapat uangnya dari mana, saya tidak melihat adanya iklan di website Twitter. Mungkin itu adalah strategi pengembangnya yang merupakan investasi jangka panjang sehingga kelak Twitter akan berkembang pesat dan mulai di lirik perusahaan besar seperti Microsoft, Google atau Yahoo untuk membelinya yang kemudian akan di komersialkan.
*sebenarnya saya tidak tahu, saya hanya asal nulis saja*
Kita semua tahu, bahwa dalam keseharian hidup kita ini banyak sekali hal-hal menarik yang penuh warna dengan segudang aktifitas. Kadang kita ingin agar orang lain tahu Anda sedang melakukan kegiatan apa, Anda sedang berada dimana, Anda sedang bersama siapa, Anda sedang berbuat apa. *kok malah seperti lagunya Kangen Band* Dan biarlah seluruh dunia tahu. Mungkin semata mata hanya agar Anda tidak merasa kesepian.
Cara Mengelompokkan Teman di Twitter :
Twitter memiliki sebuah fitur baru, yang diberi nama “List”, dimana pengguna bisa mengelompokkan orang yang di follow dalam sebuah group/daftar. Daftar teman yang dibuat bisa dilihat oleh publik dimana orang lain bisa melihatnya dan bisa juga dibuat private.
Caranya adalah, klik tombol “Create list”, sekarang Anda bisa memulai mencari Following atau Followers mana yang akan di masukkan dalam daftar List baru Anda tersebut. Misalnya Anda ingin mengelompokkan teman kampus dalam grup kampus. Nanti Anda akan mendapat alamat grup tersebut misalnya menjadi twitter.com/username/kampus. Jadi apabila ingin melihat update dari teman kampus bisa langsung melalui alamat group tadi (yang link nya ada di sidebar kanan Twitter Anda). Batas maksimal setiap List adalah 500 orang. Dan Anda akan dibatasi dengan membuat sebanyak 20 List saja. Tapi tampaknya jika Following atau Followers Anda masih sedikit hal ini saya rasa belum perlu dilakukan. Nanti saja kalau sudah banyak. Anda bisa melihat siapa saja yang masuk dalam List dengan menekan tulisan View list page.
Jika Anda masih bingung menggunakan Twitter, saran saya adalah Follow dulu orang-orang di sekitar Anda minimal 50 orang, atau Follow Twitter artis-artis Indonesia seperti @saykoji, @radityadika, @ennolerian, @vincentrompies, dan lain-lain
Kelak setelah mengikuti timeline mereka di home Twitter Anda, mungkin nanti Anda akan paham sendiri bagaimana cara kinerjanya.
Aplikasi Twiter untuk komputer :
Sebanarnya ada cara lain untuk menggunakan Twitter selain di Twitter.com. Yaitu dengan menggunakan website pihak ketiga dari Twitter, yaitu Twit2d.com selain tampilannya berbeda, Twit2d.com juga dapat menampilkan thumbnail kiriman foto secara otomatis pada timeline Anda. Tidak seperti Twitter.com yang hanya menampilkan link fotonya saja. Alternatif lainnya adalah memakai sebuah aplikasi komputer Tweetdeck. Namun sebelum bisa menggunakan Tweetdeck Anda harus menginstall Adobe Air terlebih dahulu. Cari saja Di Google dimana Anda bisa mengunduh Adobe Air.
Aplikasi Twitter untuk Smartphone :
Anda bisa menggunakan aplikasi snaptu dengan mengunduh nya melalui HP di m. snaptu.com. Aplikasi Snaptu juga dapat di integrasikan dengan akun Facebook Anda.
Jika tidak ingin menggunakan aplikasi, langsung saja lewat web browser HP Anda atau web browser Opera mini (download di mini.opera.com) Anda kemudian masuk ke m.twitter.com. Atau melalui web pihak ketiga dari Twitter yang saya rasa lebih keren tampilannya. Yaitu m.dabr.co.uk.
Jika Anda ingin tampilan yang lebih hemat, di m.dabr.co.uk setelah login dengan akun Twitter, masuk saja ke Setting. Lalu ubah dengan Text Only. Anda juga bisa mengganti tampilan Themes nya di situ. Lalu save.
Di Twitter.com atau di m.dabr.co.uk Anda akan menemukan istilah seperti:
RT = Re-Tweet. Artinya And me-Tweet ulang update status orang lain. Dengan tujuan mungkin untuk mengomentari Update nya. Atau sekedar mempublikasikan ulang Status nya karena mungkin ia mengispirasi Anda. Atau mungkin alasan lain….
DM = Direct Message. Semacam mengirim email kepada teman Twitter Anda. Ini tidak akan di publikasikan di timeline.
FAV = Favorit. Itu akan memasukkan nya ke dalam “Update Satus favorit” Anda.
Atau kalau kamu mau yang buatan Anak Indonesia, masuk aja ke tuitwit.com
Cara update status Twitter otomatis update akun Facebook:
Masuk Facebook kamu, lalu klik tombol aplikasi di kiri bawah layar monitor. Lalu search: Twitter. Masuk aplikasi tersebut lalu masukkan akun Twitter Anda di situ. Selesai. Sekarang saat update status Twitter, akun Facebook Anda juga akan terupdate. Biasanya di bawah status Facebook Anda nanti akan ada tulisanya … via Twitter.
Pendapat saya mengenai Twiter:
Sebenarnya Twitter saya gunakan untuk mengetahui Dunia Dalam Berita terbaru dengan mem Follow @tweetdetik, @kompasdotcom dan situs berita lainnya, juga kabar artis dunia di Twitter. Diluar itu, Twitter bagi saya ibarat bak sampah. Dimana saya bisa membuang segala yang ada di pikiran saya di situ melalui update status yang jahat, tidak bermoral dan tidak beramal sholeh. Saya bisa membuang hal-hal tidak penting atau yang pahit sekalipun di situ. Berbeda dengan di Facebook, saya bisa berfikir lebih panjang untuk mengupdate nya sehingga memberikan manfaat bagi yang membacanya. Jadi lebih baik jangan Follow di Twitter yaaa…
Mengungkapkan emosi kita adalah bagian dari kondisi manusia. Itu adalah alasan dari karya seni.. Dan untuk itulah Twitter itu ada.
(Taufan Prakoso) from http://topan.web.id/twitter/
Itu pendapat saya mengenai Twitter, bagaimana dengan Anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar