Rabu, 09 Maret 2011

Pulau Jawa Adalah Lautan

Pulau yang berada di bagian selatan Indonesia, yang saat ini merupakan pulau paling banyak jumlah penduduknya, sebagian besar adalah suku jawa dan sunda. Dimana suku jawa sebagian besar bermukim di bagian sebelah timur, dan suku sunda berada di bagian barat Pulau Jawa. Ada pula suku Madura dan suku Bali di jawa timur dan suku betawi di kota Jakarta dan sekitarnya.
Menurut para ahli, Pulau Jawa terbentuk akibat peristiwa vulkanik, yakni terjadinya gempa yang disebabkan oleh tubrukan dua lempeng benua Australia dan Asia sekitar 20 juta tahun sebelum masehi. Pada saat itu, daratan wilayah jawa tengah dan jawa timur belum muncul dan masih berupa lautan. Kemudian sekitar Lima juta tahun yang lalu konfigurasi serta bentuk pulau-pulau di Indonesia sudah mirip dengan yang ada saat ini. Pulau Jawa dan pulau Sumatra sudah terdapat gunung-gunung api yg aktif hingga saat ini. Patahan-patahan di sumatra masih saja bergerak, juga saat itu patahan-patahan Jawa mulai terbentuk dan semakin jelas. Mengenai patahan dan gambaran detilnya bisa di lihat di http://karangsambung.lipi.go.id.
 Pendapat mengenai anggapan bahwa kawasan jawa tengah dan jawa timur dulunya merupakan dasar laut, ialah dengan di temukanya fosil – fosil binatang laut berusia jutaan tahun di beberapa tempat di pulau ini. Salah satunya adalah sangiran dan wonosari, Jawa tengah. Bukti lainya ialah dengan banyaknya dijumpai gunung gamping di daerah selatan Pulau Jawa sebagai contoh daerah bandung ke utara  yang dibuktikan dengan banyaknya fosil koral yang membentuk terumbu karang (sepanjang pegunungan bukit Rajamandala) yang sekarang menjadi batu kapur yang ditambang sebagai sumber marmer yang berpolakan fauna Purba. Yang menurut para ahli geologi/kebumian, bahwa gamping itu dulunya terumbu karang yg hidup dan berada di laut. Sebagai contoh Pulau Seribu atau Great Barier di sebelah timur Australia.
 Pulau jawa juga merupakan pulau ketigabelas terbesar di dunia. Saat ini, Pulau jawa terbagi menjadi enam Provinsi yakni Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Provinsi Banten, Provinsi Jawa Barat, Provinsi Jawa Tengah, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Provinsi Jawa Timur.

Sebuah teori geologi kuno menyebutkan, proses terbentuknya daratan yang terjadi di Asia belahan selatan adalah akibat proses pergerakan anak benua India ke utara, yang bertabrakan dengan lempengan sebelah utara. Pergerakan lempeng bumi inilah yang kemudian melahirkan Gunung Himalaya.
jelas sudah kekuasaan sang pencipta yang menciptkan seluruh alam ini,tentu yang paling mula adalah asal usul bumi  asal usul bumi ini
 atau bukti lain adalah kota yang hilang seperti gambar disamping klik disini Subhanalloh 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar