Rabu, 26 Januari 2011

crop circle

Siapa pembuat 'crop circle' , Manusia, Binatang, Alien Atau Makhluk Halus ? mana teori yang paling masuk akal?
Kemunculan crop circle untuk kali pertama juga mengundang polemik. Sejumlah pihak mengaitkan fenomena tersebut dengan aktivitas binatang, makhluk gaib, atau karena faktor cuaca
Dikutip dari laman Wikipedia, dugaan bahwa crop circle diakibatkan fenomena alam mulai muncul sejak 1880 silam oleh ilmuwan John Rand Capron. Capron membuat hipotesa ini setelah menemukan crop circle usai badai menerjang lahan pertanian. Tulisan Capron kemudian dimunculkan kembali pada 2002 oleh Journal of Meteorology.

Sementara para paranormal mensinyalir crop circle merupakan rangkaian pesan dari makhluk luar angkasa. Lokasi penemuan crop circle yang berdekatan dengan situs-situs pra sejarah di Inggris Selatan menjadi salah satu argumennya. Mereka menyakini ada garis linier antara bumi dengan planet lain.

Para pendukung teori ini juga menyandarkan pendapatnya pada Gaia Hypothesis, yang menyebutkan bahwa Gaia atau Bumi sejatinya hidup dan crop circles adalah sebuah pesan terhadap umat manusia tentang akan terjadinya peristiwa besar karena terganggunya keseimbangan alam.

Teori di atas menuai banyak kritikan. Dalam buku berjudul "The Demon-Haunted World ilmuwan Carl Sagan" menyimpulkan tidak ada bukti empiris bahwa crop circle berkaitan dengan UFO.

Seorang ilmuwan asal Amerika Matt Ridley menyatakan sangat mudah membuat crop circle dengan bekal peralatan sederhana. Sehingga tidak ada alasan untuk melihat crop circle dari kacamata metafisika atau pendekatan lain.

Cara membuat crop circle secara mudah pun telah beredar luas di dunia maya. Salah satunya di situs http://science.howstuffworks.com/sci...op-circle5.htm Warta Unik

Sementara itu pada 2009, BBC News melaporkan Jaksa Agung Tasmania, Lara Giddings, menyatakan bahwa Kangguru Australia telah diidentifikasi sebagai hewan pembuat crop circle. Binatang ini biasanya membuat crop circle setelah mengkonsumsi tanaman candu kemudian berlari-lari dengan pola memutar di ladang tanaman padi, gandum, atau jagung. Kiranya pendapat yang menyatakan bahwa circle crop dibuat manusia adalah yang paling sahih.

Sumber : forum.vivanews.com/showthread

Tidak ada komentar:

Posting Komentar